MATERI SBDK KELAS XI SEMESTER GENAP
Nama :
Armayyeni Nurillia Marsim, M.Pd.
Mata
Pelajaran : SBDK
Kelas :
XI IPA 2
Kode
MK : 3.8. Pameran dan Menganalisis Karya Seni
Rupa
Materi :
Pameran
Karya Seni Rupa
Tujuan
Pembelajaran : Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, siswa
diharapkan dapat
mengidentifikasi,
memahami, menjelaskan, mempresentasikan, dan
menyelesaikan masalah berkaitan
dengan pameran
karya seni rupa.
بِسۡمِ
ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
Assalamualaikum Wr. Wb.
Kembali lagi kita berjumpa dalam
pembelajaran seni budaya dan keterampilan.
Sebelum memulai pembelajaran
silakan berdo’a terlebih dahulu dan semoga semuanya sudah melaksanakan sholat
dhuha…
Materi SBDK hari
ini adalah Pameran Karya Seni Rupa.
Silakan cermati langkah-langkah
pembelajaran yang akan kita laksanakan.
1. Pelajari
uraian materi diblogger ini.
2. Jangan
lupa untuk menuliskan komentar dengan format nama dan kelas sebagai daftar
hadir.
3. Interaksi
lebih lanjut seputar uraian materi, pertanyaan dan tanya jawab dilakukan
melalui WA Grub PJJ.
PAMERAN
KARYA SENI RUPA
1. Jenis Pameran
Pameran
merupakan salah satu media ukur dalam mengetahui tingkatan nilai seni rupa yang
dipamerkan. Disamping pameran bermakna prestasi, tentu terdapat juga pameran
yang bersifat komersial. Pameran tersebut bertujuan untuk dagang, penawaran jasa
da nada pula yang semata-mata sebagai penghibur. Berikut merupakan jenis-jenis
pameran:
a. Pameran insidentil,
yaitu pameran yang tidak tertentu waktunya atau hanya waktu-waktu yang
diperlukan.
b. Pameran periodik,
yaitu pameran yang diselenggarakan dalam waktu tertentu secara kontinu, misal
setahun sekali, sebulan sekali, atau seminggu sekali.
c. Pameran permanen,
yaitu pameran yang diadakan dengan tempat yang tetap dan dibuka dengan waktu
yang telah ditentukan atau setiap hari.
Di
lembaga pendidikan atau sekolah kita mengenal pameran seni rupa yang sifatnya
peningkatan prestasi atau pameran studi. Pameran studi adalah pameran yang
sifatnya belajar untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman, dsn keterampilan.
Pameran tersebut dapat dibedakan menjadi beberapa, yaitu:
a. Pameran kelas,
yaitu pameran yang diadakan secara periodik pada waktu jam pelajaran apresiasi
atau setelah music selesai berkarya dari suatu tugas guru.
b. Pameran sekolah,
yaitu pameran yang diselenggarakan secara periodik dengan tepat. Tempatnya bisa
di aula, beberapa ruang kelas, halaman, serambi atau ruang kesenian secara
permanen/ tetap.
c. Pameran keliling,
yaitu pameran ini diselenggarakan secara insidentil dan bertepat diluar
sekolah, di tempat-tempat umum atau disekolah lain.
d. Pameran seniman,
yaitu pameran yang diselenggarakan oleh seorang seniman (pameran tunggal) atau
beberapa seniman (pameran kelompok).
2. Penyelenggaraan Pameran
Kegiatan
penyelenggaraan pameran seni rupa dilakukan dengan tahapan perencanaan pameran,
pelaksanaan pameran dan evaluasi pameran.
a.
Perencanaan
Pameran
Rencana kerja pameran
seni rupa yang akan dilakukan dalam persiapan pameran sampai dengan pelaksanaan
pameran haruslah matang, kemudian
dilanjutkan dengan menyusun jadwal kegiatan pameran. Jadwal kegiatan yang
dimaksud adalah penentuan waktu dan Kegiatan yang meliputi hari tanggal, jam,
empat, dan acara kegiatan. Tidak kalah pentingnya perlu dipikirkan jadwal waktu
penyiapan karya seni rupa buatan sendiri terutama karya-karya hasil modifikasi
bentuk. Adapun yang perlu direncana dalam kerja pameran seni rupa di sekolah
antara lain: bentuk pameran, tema pameran, tujuan pameran, tempat pameran,
waktu pameran, susunan panitia, karya yang dipamerkan, perlengkapan pameran,
publikasi, tata rias/ dekorasi, dan penyusunan rencana jadwal kegiatan.
Berikut
ini merupakan contoh susunan panitia dan tugas-tugasnya:
Ketua : mengatur dan
mengkoordinasi seluruh kegiatan.
Sekretaris : membantu ketua dalam hal
surat-menyurat, notulen sidang dan
keperluan
lainnya yang berhubungan dengan administrasi
kesekretariatan.
Bendahara : membantu ketua dalam hal keuangan
seperti mengumpulkan
menyimpan dan mengatur keluar masuknya uang
kegiatan
pelaksanaan pameran.
Sekretaris
display : bertugas mengatur dan menata
ruang pameran beserta bahan
pameran.
Seksi akomodasi : menyiapkan tempat, sarana pameran, dan
perlengkapan lain yang
dibutuhkan.
Seksi usaha : mencari dana baik dari sekolah,
sponsor, atau sumber lain yang
diperbolehkan.
Seksi publikasi : menyebarkan undangan, plakat, poster atau
publikasi yang lain.
Seksi
dokumentasi : mengabadikan segala bentuk kegiatan dari awal hingga akhir
dalam bentuk arsip surat maupun foto, film
dan sebagainya.
Seksi
operasional : menerima tamu, penjaga
stand, buku tamu buku pesan dan kesan
melayani pengunjung.
Seksi dekorasi : menyusun sarana dan prasarana dan
memperindah tempat pameran
Seksi keamanan : menjaga keamanan dalam pameran bila
terjadi gangguan.
Seksi konsumsi : mengatur pengadaan makanan dan minuman
selama pameran
berlangsung dari persiapan hingga penutupan.
Seksi lighting : menyiapkan penerangan, bekerjasama
dengan seksi dekorasi.
Seksi humas : bekerjasama dengan berbagai instansi
dan organisasi yang
berkaitan dengan penyelenggaraan pameran.
b. Pelaksanaan Pameran
1) Persiapan.
Persiapan yang dimaksud adalah kegiatan yang dilakukan sebelum pameran dibuka
titik persiapan itu, antara lain sebagai berikut: pembuatan, pemasangan,
pengiriman publikasi yang meliputi siaran, spanduk, pamflet undangan selebaran;
penyediaan perlengkapan pameran; mengadakan seleksi karya bahan pameran;
menyiapkan ruang pameran.
2) Penataan
Tempat Pameran. Menata tempat pameran, baik dalam ruang maupun luar ruang
pameran dengan memajang sketsel, pustekkom dan perlengkapan lainnya.
3) Membuat
Dekorasi Ruang dan Lingkungan Pameran.
4) Disiapkan
perlengkapan dan hiasan untuk upacara pembukaan pameran. Jika perlu disediakan
alat dan bahan untuk demonstrasi melukis oleh pejabat kemudian diteruskan oleh
peserta pameran.
5) Pelaksanaan
pameran. Dalam pelaksanaan pameran, meliputi kegiatan upacara pembukaan pameran
hingga penutupan pameran.
c. Evaluasi dan Penulisan Laporan
Kegiatan Pameran
Setelah
selesai melaksanakan pameran, kegiatan berikutnya adalah mengevaluasi dan
menuliskan laporan kegiatan pameran.
1) Rapat
panitia Pameran untuk mengadakan evaluasi penyelenggaraan pameran yang hasilnya
digunakan sebagai catatan untuk penyelenggaraan berikutnya. Evaluasi meliputi
kelebihan dan kekurangan dalam penyelenggaraan pameran. Hambatan-hambatan yang
ditemui untuk diketahui jalan keluarnya.
2) Menulis
laporan kegiatan pameran sebagai pertanggungjawaban penyelenggaraan pameran
kepada lembaga yang terkait/berwenang.
Terimakasih sudah
menyimak pembelajaran hari ini, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat.
Wassalamualaikum,
wr.wb.
Astrid Putri B.
BalasHapusXI IPA 2
Rulistia Amanda
BalasHapusXI IPA 2
Aliyaa Rahmani Ardian
BalasHapusXI IPA 2
Nisa Izumi N
BalasHapusXI IPA 2
Wine Aprillia
BalasHapusXI IPA 2
Jesy Disyah Putri
BalasHapusXI IPA 2
Dewi Rahmawati
BalasHapusXI IPA 2
siti nur arifah
BalasHapusxi ipa 2
Novian Wibowo Pramono
BalasHapusXI IPA 2
Azzahra Haya Aqila
BalasHapusXI IPA 2
Mesi agustina
BalasHapus11 ipa2
Rahma Aulia Rahman
BalasHapusXI IPA 2
Rafly Kharismawan
BalasHapusXI IPA 2
INE ZULFIKA RESTU
BalasHapusXI IPA 2
Feby Zahara Qisty
BalasHapusXI IPA 2
Valencia Inez Primanova
BalasHapusXI IPA 2
Vivin Vania
BalasHapusXI IPA 2
M Dwi Maryan P
BalasHapusXI IPA 2
Dimas putra Anugrah
BalasHapusXI IPA 2
Annisa Adelia
BalasHapusXI IPA 2
Tia Irma Amanda
BalasHapusXI IPA 2
Danang satrio
BalasHapusXI IPA 2
Rifki fadhel Al Kahfi
BalasHapusXI IPA 2
Santri Annisa Putri
BalasHapusXI IPA 2
Resti Mardiana Putri
BalasHapusXI IPA 2
Adin Adry Tjindarbumi
BalasHapusXI IPA 2
M. Raffi Rizky Afridho
BalasHapusXI IPA 2
Tresnawan
BalasHapusXI IPA 2
Shandy franata
BalasHapusXi ipa2
Annisa Khoiriah
BalasHapusXI IPA 2
GITA ELFANDARI
BalasHapusXI IPA 2
Alvin honara
BalasHapusXI IPA 2