KREASI MUSIK KONTEMPORER (12 IPA 2, IPA 3, DAN IPS 2)

  



Nama Guru                  : Armayyeni Nurillia Marsim, M.Pd.
Mata Pelajaran             : SBDK
Kelas                            : 12 IPA & IPS
Pertemuan                    : Pertama
Materi                          : Kreasi Musik Kontemporer
Metode Pembelajaran     : Ceramah, Tanya Jawab, dan Diskusi
Kompetensi Dasar           : 3.11  Mengevaluasi pertunjukan musik kontemporer.
                                           4.11  Menerapkan konsep dan teknik berkreasi musik kontemporer.
Tujuan Pembelajaran   : Pada akhir pembelajaran peserta didik diharapkan mampu mengevaluasi pertunjukan musik kontemporer dan menerapkan konsep dan teknik berkreasi musik kontemporer.


        ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Assalamualaikum Wr. Wb.

        Apakabarnya hari ini soleh solehah ibu?, bagaimana dengan libur semesternya? apakah menyenangkan?

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, silakan peserta didik untuk dapat berdo'a terlebih dahulu. Ibu ingin bertanya, apakah siapa yang tidak sholat subuh hari ini?

Alhamdulillah, sholat subuh wajib dilaksanakan ya nak, jangan sampai lewat seharipun, begitu juga dengan sholat - sholat yang lain juga ya. Nah, pada semester ganjil kita sudah mempelajari beberapa materi mengenai seni rupa, adakah yang masih ingat materi apa saja yang sudah kita pelajari?

Betul sekali, kita sudah mempelajari berkaitan dengan seni rupa berdasarkan imajinasi, yang meliputi pengertian, unsur - unsur dasar, jenis - jenis seni rupa, dan juga aspek pameran. Nah pada pertemuan kali ini kita akan lanjut pada bidang selanjutnya, yaitu Musik Kontemporer. Silakan disimak point - point yang akan kita bahas dibawah ini: 


       Skema Pembelajaran:

  1. Guru membahas materi pada pertemuan sebelumnya.
  2. Guru memberikan pengantar materi yang sudah pernah diberikan pada jenjang sebelumnya terkait bidang yang akan dibahas
  3. Guru menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah
  4. Guru mengajak peserta didik untuk berdiskusi terkait materi yang diberikan.
  5. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk menganalisis musik kontemporer yang sudah ditentukan.
  6. Guru bersama dengan peserta didik mengulas kembali materi yang sudah disampaikan

            

            Pengembangan Materi :

  •        Materi
 









Contoh Soal:
1. Kontemporer memiliki arti KEKINIAN, sebutkan yang dimaksud dengan kekinian tersebut!
    Jawaban : Kekinian yang dimaksud dalam musik kontemporer adalah berkaitan dengan tema yang digunakan.

2. Sebutkan jenis musik kontemporer Indonesia!
    Jawaban : Dalam Idiom Tradisi Barat; Bersumber dari unsur Etnik; dan Musik yang berlatar belakang budaya Indonesia dan Budaya Barat.

3. Sebutkan jenis musik kontemporer Luar Negeri!
    Jawaban : Musik kontemporer Klasik, dan Musik kontemporer Modern.

Latihan soal: 
Simak video musik tersebut, kemudian analisis sesuai dengan unsur dan struktur musiknya!

Tetap semangat dalam menuntut ilmu...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI - KISI STS GANJIL

(A3 dan A4) KONSEP TARI

KONTRAK PEMBELAJARAN T.P. 2025 - 2026