KREASI MUSIK KONTEMPORER (12 IPA 4 DAN IPS 1)

   



Nama Guru                  : Armayyeni Nurillia Marsim, M.Pd.
Mata Pelajaran             : SBDK
Kelas                            : 12 IPA & IPS
Pertemuan                    : Pertama
Materi                          : Kreasi Musik Kontemporer
Metode Pembelajaran     : Ceramah, Tanya Jawab, dan Diskusi
Kompetensi Dasar           : 3.11  Mengevaluasi pertunjukan musik kontemporer.
                                           4.11  Menerapkan konsep dan teknik berkreasi musik kontemporer.
Tujuan Pembelajaran   : Pada akhir pembelajaran peserta didik diharapkan mampu mengevaluasi pertunjukan musik kontemporer dan menerapkan konsep dan teknik berkreasi musik kontemporer.


        ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Assalamualaikum Wr. Wb.

        Apakabarnya hari ini soleh solehah ibu?, bagaimana dengan libur semesternya? apakah menyenangkan?

Sebelum memulai pembelajaran hari ini, ibu ingin bertanya, siapa yang tidak hadir? 

Pada semester ganjil kita sudah mempelajari beberapa materi mengenai seni rupa, adakah yang masih ingat materi apa saja yang sudah kita pelajari?

Betul sekali, kita sudah mempelajari berkaitan dengan seni rupa berdasarkan imajinasi, yang meliputi pengertian, unsur - unsur dasar, jenis - jenis seni rupa, dan juga aspek pameran. Nah pada pertemuan kali ini kita akan lanjut pada bidang selanjutnya, yaitu Musik Kontemporer. Silakan disimak point - point yang akan kita bahas dibawah ini: 


        Skema Pembelajaran:

  1. Guru membahas materi pada pertemuan sebelumnya.
  2. Guru memberikan pengantar materi yang sudah pernah diberikan pada jenjang sebelumnya terkait bidang yang akan dibahas
  3. Guru menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah
  4. Guru mengajak peserta didik untuk berdiskusi terkait materi yang diberikan.
  5. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk menganalisis musik kontemporer yang sudah ditentukan.
  6. Guru bersama dengan peserta didik mengulas kembali materi yang sudah disampaikan

            Pengembangan Materi :

  •        Materi
 









Contoh Soal :
1. Musik dapat diartikan sebagai ungkapan perasaan yang dituangkan melalui bunyi bunyian. Kumpulan dari alat musik yang dibunyikan disebut dengan?
    Jawaban : Intrumen Musik

2. Sebutkan 3 ciri musik kontemporer!
    Jawaban : Judul musik biasa menggunakan nama yang aneh atau asing; intrumen yang digunakan biasanya taklazim; notasi balok dan angka biasa tak cukup untuk mendokumentasikan dalam bentuk tulisan.

3. Pada abad ke berapa musik kontemporer klasik luar negeri muncul?
    Jawaban : Akhir abad ke 19 - awal abad ke 20.

Latihan soal: 
Simak video musik tersebut, kemudian analisis sesuai dengan unsur dan struktur musiknya!


Tetap semangat dalam menuntut ilmu...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI - KISI STS GANJIL

(A3 dan A4) KONSEP TARI

KONTRAK PEMBELAJARAN T.P. 2025 - 2026